Selamat Datang di Rumah Batik Amel

Batik

batik
batik
batik

Menurut beberapa sumber kata “ Batik “ berasal dari bahasa jawa yaitu dari kata “amba” yang artinya menulis dan “titik” yaitu titik-titik, sehingga kemudian menjadi ambatitik-ambatik-mbatik-batik.Pada awalnya batik semuanya dikerjakan melalui proses secara manual yaitu dengan menulis motif ke dalam kain menggunakan tangan sehingga dikenal sebagai batik tulis.

Ada beberapa pandangan yang mengelompokkan batik menjadi dua kelompok seni batik berdasarkan geografis, yakni batik keraton / non pesisir dan seni batik pesisir.

Motif seni batik keraton/non pesisir banyak dijumpai didaerah Solo dan Yogyakarta. Jenis batik keraton ini dapat dikatakan sebagai seni batik tradisional karena masih memegang pakem dan mempunyai arti filosofi yang sarat dengan makna kehidupan. Rata-rata mempunyai motif/gambar yang rumit dan warna yang sangat terbatas.

Sedangkan batik pesisir memperlihatkan gambaran yang lain dengan batik keraton. Batik pesisir lebih bebas serta kaya motif dan warna. Batik pesisir memiliki kebebasan berekspresi, yaitu corak-corak tidak memiliki pakem, umumnya berwarna cerah/berani dan motifnya sangat kaya dan cantik-cantik. Batik pesisir ini telah berakulturasi dengan budaya asing, seperti motif bunga-bunga dipengaruhi oleh India dan Eropa (bunga Tulip), warna merah dipengaruhi oleh China sekaligus membawa motif burung phoenix, kupu-kupu, dst. Sedangkan motif-motif hewan laut (kerang, bintang laut dsb) adalah motif asli batik tulis pesisir nusantara. Batik pesisir ini dapat kita temui di daerah Pekalongan, Cirebon, Lasem, Tuban, TanjungBumi-Bangkalan-Madura dan daerah Madura pada umumnya.

Mungkin Anda menyukai

Motif Parang

Motif Sekar Jagad

Motif Megamendung

Motif Truntum

Museum Batik Pekalongan

Ragam Batik Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamant email Anda tidak akan publikasikan

Belanjaan Anda

Amel

Selamat Datang di Toko Online kami.... Rumah Batik Amel Pekalongan

Yuk Chat... Apa yang bisa kami bantu?