Beranda » Artikel Blog » Batik Keraton dan Batik Pesisir

Batik Keraton dan Batik Pesisir

Diposting pada 13 September 2021 oleh owner | Dilihat: 34 kali | Kategori: ,

Batik adalah sehelai wastra (kain) yang dibuat secara tradisional, dengan beragam hias pola tertentu yang proses pembuatannya menggunakan bahan lilin atau malam sebagai bahan perintang warna.Saat ini batik telah muncul di berbagai negara dengan ciri khas masing – masing. Batik Indonesia merupakan salah satu batik tertua di dunia yang punya ciri khas sangat khusus yang tidak dapat ditiru atau dibandingkan  dengan negara lain. Di setiap garis dan gambar batik Indonesia mempunyai arti dan falsafah. Pemakaiannya pun ada aturannya. Misalnya untuk acara perkawinan batik yang dikenakan adalah batik  Truntum atau Sidomukti.

Berdasarkan tradisinya, batik dibedakan menjadi dua yaitu batik keraton dan batik pesisir. Batik Keraton adalah batik yang lahir, dipelihara dan dikem-bangkan dilingkungan Keraton. Yaitu seperti di Keraton Yogyakarta, Surakarta, Keraton Sumenep, Keraton Kesepuhan, Keraton Kanoman dan Kacirebonan.

Batik Pesisir adalah batik yang tumbuh dan berkembang diluar dinding Keraton.  Batik pesisiran ini lebih banyak dipengaruhi oleh kecenderungan komoditas barang dagangan. Yaitu seperti batik pekalongan,  lasem dan sebagainya. Keindahan sehelai kain batik dapat dilihat secara visual yaitu rasa indah yang diperoleh karena perpaduan yang harmoni dari susunan bentuk dan warna melalui penglihatan atau panca indera.

Bagikan

Batik Keraton dan Batik Pesisir | rumahbatikamel.com

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Amel
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Amel
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja