Selamat Datang di Rumah Batik Amel

Museum Batik Pekalongan

Museum batik Pekalongan secara resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada 12 Juli 2006 di Pekalongan Jawa Tengah. Tujuan dari dibukanya Museum adalah untuk memperluas industri batik Indonesia ke tingkat kelas dunia, dengan menyediakan data yang komprehensif dan informasi tentang Batik Indonesia, termasuk bahan baku , aditif, desain, motif, metode produksi, aspek distribusi, perdagangan, dukungan dan layanan untuk wisata domestik maupun ekspor. Ini adalah manifestasi dari upaya Pemerintah Indonesia serius untuk melestarikan warisan budaya batik dan untuk mengembangkan  ekonomi masyarakat lokal.

Fasilitas yang  ada di dalam Museum tersebut meliputi  pusat konvensi untuk kuliah, seminar dan parade busana batik, dan juga untuk pendidikan dan pelatihan. Sebuah galeri disediakan untuk tampilan dan pameran koleksi sekitar 300-an batik dari berbagai kain batik bermotif  yang disumbangkan oleh orang-orang dari seluruh Indonesia. Koleksi-koleksi yang ditampilkan dalam dua ruang pameran yaitu: ruang pameran pertama menampilkan koleksi kain batik Pekalongan dan kain batik yang bermotif pesisir utara, dan ruang pameran kedua menampilkan kain batik Nusantara  yang  diambil dari berbagai daerah lain di Indonesia.  Fasilitas-fasilitas dari galeri ini akan segera dikembangkan untuk memenuhi standar internasional.
Pembentukan Museum Batik Pekalongan adalah  hasil kolaborasi dari hampir semua lembaga pemerintah terkait dan organisasi Batik untuk menyajikan sebuah pusat budaya dan ekonomi yang berharga yang akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Museum ini juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan dan konservasi, ruang pertemuan dan Art Shop Batik, dimana pengunjung dapat membeli berbagai macam souvenir yang terbuat dari batik seperti Batik kolonial lama (yang tidak diproduksi lagi oleh batik pabrikan), kartu pos, poster, lukisan batik, dll, katalog  batik juga tersedia untuk para pengunjung.

Mungkin Anda menyukai

Ragam Batik Indonesia

Pusat Produksi Batik di Indonesia

Tahapan Pembuatan Batik dan Istilahnya

Tahapan & Istilah Pembuatan Batik Tulis

Sejarah Batik Pekalongan

Jenis dan Ciri-ciri Batik di Daerah Jawa

Tinggalkan Komentar

Alamant email Anda tidak akan publikasikan

Belanjaan Anda

Amel

Selamat Datang di Toko Online kami.... Rumah Batik Amel Pekalongan

Yuk Chat... Apa yang bisa kami bantu?