Selamat Datang di Rumah Batik Amel

BATIK Sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO

Penetapan batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO  itu sekaligus melengkapi tujuh penetapan warisan dunia lainnya milik Indonesia. Ketujuh warisan dunia yang sudah ditetapkan UNESCO tersebut, antara lain Komodo, Hutan Tropis, Situs Purbakala Sangiran, candi Borobudur, Wayang dan Prambanan serta Keris.

Hari itu busana Batik dengan segala motif dan modelnya tampak dikenakan warga negara Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009. Hal ini merupakan realisasi dari seruan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono   sebagai ungkapan rasa syukur atas prestasi serta anugerah yang telah diraih oleh bangsa Indonesia. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) menetapkan batik sebagai mahakarya warisan budaya milik Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia (Jawa) yang sampai saat ini terus dikembangkan. Di Dunia international batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

United Nations Education Social and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan batik sebagai bentuk budaya bukan tak warisan manusia atau UNESCO representative list of intengible cultural heritage of humanity. Proses peresmian batik sebagai warisan budaya tak benda itu berlangsung pada 28 September hingga 2 Oktober di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Berawal pada 3 September 2008 yang kemudian Diterima secara resmi oleh UNESCO pada tanggal 9 Januari 2009. Tahap selanjutnya adalah pengujian tertutup oleh UNESCO di Paris pada tanggal 11 hingga 14 Mei 2009.

Upaya mengusulkan batik kepada UNESCO sebagai warisan budaya dunia telah melalui proses cukup panjang dan rumit karena harus memenuhi persyaratan dari badan dunia tersebut, di antaranya menyiapkan naskah akademik tentang batik, memiliki masyarakat pecinta batik dan pemerintah mendukung usulan tersebut.

Nah, sekarang pemerintah dan masyarakat Indonesia harus bertanggungjawab untuk menjaga pelestarian dan keaslian karya budaya tersebut.

Mungkin Anda menyukai

Sejarah Batik Pekalongan

Jenis dan Ciri-ciri Batik di Daerah Jawa

Pekalongan Kota Batik

batik pekalongan

Batik Pekalongan, antara Masa Lampau dan Kini

batik

Batik

Tinggalkan Komentar

Alamant email Anda tidak akan publikasikan

Belanjaan Anda

Amel

Selamat Datang di Toko Online kami.... Rumah Batik Amel Pekalongan

Mari Chat... Apa yang bisa kami bantu?