Selamat Datang di Rumah Batik Amel

Pusat Produksi Batik di Indonesia

Pusat produksi batik di Indonesia saat ini tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja seperti yang sudah dikenal saat ini: Pekalongan, Yogyakarta, Solo dan Cirebon, namun tersebar hampir di seluruh wilayah di Nusantara.

Ada beberapa proyek-proyek pembangunan dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mempromosikan produksi batik di berbagai provinsi di seluruh Indonesia sejak awal 1950-an, dan sebagai hasilnya, banyak daerah produksi baru muncul.  

Di luar Pulau Jawa, beberapa daerah penghasil batik Kalimantan Timur dan tengah (yang memproduksi Batik dengan motif Dayak); Riau, Jambi, Bengkulu, Nangroe Aceh Darussalam, Padang, dan Kalimantan Barat, memproduksi Batik dengan motif dominan Melayu dan Islamis. Wilayah bagian Papua, Kalimantan dan Sulawesi adalah wilayah baru produksi Batik  yang memproduksi batik dengan motif lokal.

Wilayah lain untuk  sentra produksi batik tradisional di Pulau Jawa adalah:
Bandung, Banten, Banyumas, Batang, Blitar, Ciamis, Garut, Gresik, Indramayu, Jakarta, Jember, Jombang, Klaten, Lasem, Semarang, Sidoarjo, Sragen, Surabaya, Tasikmalaya, Tuban, Tulungagung, Wonogiri

Mungkin Anda menyukai

Museum Batik Pekalongan

Ragam Batik Indonesia

Tahapan Pembuatan Batik dan Istilahnya

Tahapan & Istilah Pembuatan Batik Tulis

Sejarah Batik Pekalongan

Jenis dan Ciri-ciri Batik di Daerah Jawa

Tinggalkan Komentar

Alamant email Anda tidak akan publikasikan

Belanjaan Anda

Amel

Selamat Datang di Toko Online kami.... Rumah Batik Amel Pekalongan

Yuk Chat... Apa yang bisa kami bantu?